SEMANTIC
NETWORK PADA PEMBELAJARAN KIMIA
Semantik (dari Bahasa
Yunani: semantikos, memberikan tanda, penting, dari kata sema, tanda) adalah cabang linguistik yang mempelajari arti/makna yang terkandung pada suatu bahasa, kode, atau jenis representasi lain. Dengan kata lain, Semantik
adalah pembelajaran tentang makna. Semantik biasanya dikaitkan dengan dua aspek lain: sintaksis, pembentukan simbol kompleks dari simbol yang lebih
sederhana, serta pragmatika, penggunaan
praktis simbol oleh komunitas pada konteks tertentu.
Kata semantik
itu sendiri menunjukkan berbagai ide - dari populer yang sangat teknis. Hal ini
sering digunakan dalam bahasa sehari-hari untuk menandakan suatu masalah
pemahaman yang datang ke pemilihan kata atau konotasi. Masalah pemahaman ini
telah menjadi subyek dari banyak pertanyaan formal, selama jangka waktu yang
panjang, terutama dalam bidang semantik formal. Dalam linguistik, itu adalah
studi tentang interpretasi tanda-tanda atau simbol yang digunakan dalam agen
atau masyarakat dalam keadaan tertentu dan konteks. Dalam pandangan ini,
suara, ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan proxemics memiliki semantik konten
(bermakna), dan masing-masing terdiri dari beberapa cabang studi. Dalam bahasa
tertulis, hal-hal seperti struktur ayat dan tanda baca menanggung konten
semantik, bentuk lain dari bahasa menanggung konten semantik lainnya.
Semantic network
adalah representasi yang mengekspresikan solusi permasalahan dengan menggunakan
network (graph berarah). Di dalamnya menggunakan node (simpul) untuk
merepretasikan suatu kondisi, dan arc (link) untuk merepretasikan relasi antar
simpul. Semantic network ini adalah representasi yang bersifat :
1.
Lexically,
di dalamnya terdapat node(simpul), link dan batasan-batasan khusus dari
permasalahan
2. Structurally,
masing-masing link akan terkoneksi dari simpul yang paling depan(head node)
sampai simpul yang paling belakang (tail node).
3. Semantically,
semua simpul dan link merepretasikan permasalahan tetap berada dalam
batasannya.
Dengan kata lain semantic
network adalah :
1.
Jaringan yang merepresentasikan
relasi semantic dengan konsep.
2.
Terdiri
dari nodes (konsep) dan arcs (relasi antar konsep).
3. Umumnya semua semantic
network adalah representasi grafis deklaratif yang dapat digunakan baik
untuk mewakili pengetahuan atau untuk mendukung penalaran pengetahuan sistem
otomatis.
Berikut
ini contoh semantic network materi Koloid:
Apakah dengan guru membuat semantik network membuat siswa mampu memahami materi secara menyeluruh atau terperinci ? Dan apakah contoh semantic network materi koloid yang telah saya buat telah cocok diterapkan ? Berilah kritik dan saran untuk pembuatan desain semantic network tersebut agar lebih baik
Saya ingin menanggapi permasalahan nurul. Jaringan semantik digunakan ketika seseorang memiliki pengetahuan yang paling baik dipahami sebagai sekumpulan konsep yang terkait satu sama lain. Sehingga sebagian besar jaringan semantik berbasis kognitif. Untuk pertanyaan apakah dengan adanya semantik network membuat siswa mampu memahami materi secara menyeluruh? ini kembali lagi kepada motivasi belajar itu serta kecakapan guru untuk membangun motivasi belajar tersebut.
BalasHapusterkait contoh semantic network yang sudah nurul buat, saya belum bisa berkomentar banyak karena saya hanya melihat struktur materi yang mau diajarkan saja.
Terimakasih atas penjelasannya. Dari penjelasan diatas kecakapan seperti apa yang dibutuhkan guru dalam membangun motivasi belajar siswa ?
HapusSaya ingin menanggapi pertanyaan lanjutan dari saudari Nurul Amini. Sebelumnya perlu kita pahami bahwa fungsi dari semantic network ini adalah memudahkan siswa memahami materi dimana bagian-bagian materi tersebut saling terhubung satu sama lain. sehingga kesan materi yang kompleks tersebut berubah menjadi lebih sederhana dan jelas.
HapusMengenai bagaimana cara guru membangun motivasi belajar siswa, bisa dilakukan dengan menambahkan link-link video penjelasan mengenai materi, adanya quiz, games, virtual lab dan lain sebagainya.
Saya akan menjawab pertanyaan dari nurul.
BalasHapusBahwa siswa dapat memahami materi secara menyeluruh tergantung pada penyampaian dan isi dari semantic network tersebut. Jika dilengkapi dengan video pembelajaran serta dilengkapi dengan aktifitas yang menarik dan jelas, maka siswa akan merasa tertarik dalam pembelajaran dan mengikuti pembelajaran dengan baik sesuai dengan isi dari sekantic network tersebut. Jadi buatlah semantic network semenarik mungkin dengan isi isi yang bermanfaat dan yang dapat menarik perhatian siswa.
Baik terimakasih atas saran yang diberikan. Saya akan terus mengembangkan semantic network yang saya buat. apakah ada lagi yang harus saya perbaiki pada semantic network yang telah saya desain ?
Hapusmenurut saya dengan semantic network maka anak akan mengerti bagian-bagian materi yang saling terhubung satu sama lain. dengan begitu maka akan memudahkan siswa untuk memahami materi yang akan diajarkan guru...
BalasHapusselanjutnya mengenai systematic network yang sudah anda buat menurut saya sudah cukup bagus dan mewakili dari materi yang anda akan sampaikan, mungkin hanya perlu ditambahkan video pembelajaran serta dapat dilengkapi dengan fitur game atau sebagianya untuk menambah daya Tarik siswa dalam pembelajaran
menurut saya semantic network yang di buat sudah bisa efektif dilakukan tidak hanya untuk masa yang akan datang melainkan pada saat ini, namun, jika boleh memberi saran sebaiknya coba dikembangkan lagi untuk implikasi materi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana jika siswa diajak untuk learning by environment (belajar berbasis lingkungan) dengan demikian makna pembelajarannya akan lebih tertanam kuat
BalasHapusMenurut saya peserta didik dapat memahami materi secara menyeluruh tergantung pada penyampaian dan isi dari semantic network tersebut. Jika dilengkapi dengan video pembelajaran serta dilengkapi dengan aktifitas yang menarik dan jelas, maka siswa akan merasa tertarik dalam pembelajaran dan mengikuti pembelajaran dengan baik sesuai dengan isi dari sekantic network tersebut.
BalasHapusMenurut saya, desain yang telah Saudari nurul buat telah baik digunakan untuk pembelajaran siswa. Namun, keefektifan dalam proses pembelajaran tergantung pada penjelasan dari semantic network yang telah dibuat, akan kurang efektif apabila penjelasan disetiap judul yang akan dibahas sangat minim. Dan saran saya, lebih ditambahkan gambar pada semantic networknya agar lebih menarik
BalasHapus