Praktik Proses Pembelajaran Kimia Abad 21
Pembelajaran
abad 21 adalah pembelajaran yang dirancang untuk generasi abad 21.
Yang mana teknologi terkini pada arus komunikasi dan informasi berkembang maju
secara pesat sehingga mampu mempengaruhi segala elemen kehidupan. Pembelajaran
yang berpusat pada peserta didik berbeda dengan pembelajaran yang berpusat pada
pendidik, berikut karakter pembelajaran abad 21 yang sering disebut sebagai 4
C, yaitu:
a.
Communication (Komunikasi)
Pada karakter
ini, peserta didik dituntut untuk memahami, mengelola, dan menciptakan
komunikasi yang efektif dalam berbagai bentuk dan isi secara lisan, tulisan,
dan multimedia. Peserta didik diberikan kesempatan menggunakan kemampuannya
untuk mengutarakan ide-idenya, baik itu pada saat berdiskusi dengan
teman-temannya maupun ketika menyelesaikan masalah yang diberikan oleh
pendidik.
b.
Collaboration (Kerjasama)
Pada karakter
ini, peserta didik menunjukkan kemampuannya dalam kerjasama berkelompok dan
kepemimpinan; beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggungjawab; bekerja
secara produktif dengan yang lain; menempatkan empati pada tempatnya;
menghormati perspektif berbeda. Peserta didik juga menjalankan tanggungjawab
pribadi dan fleksibitas secara pribadi, pada tempat kerja, dan hubungan
masyarakat; menetapkan dan mencapai standar dan tujuan yang tinggi untuk diri
sendiri dan orang lain.
c.
Critical
Thinking and Problem Solving (Berpikir
Kritis dan Pemecahan Masalah)
Pada karakter
ini, peserta didik berusaha untuk memberikan penalaran yang masuk akal dalam
memahami dan membuat pilihan yang rumit; memahami interkoneksi antara sistem.
Peserta didik juga menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk berusaha
menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya dengan mandiri, peserta didik juga
memiliki kemampuan untuk menyusun, mengungkapkan, menganalisa, dan
menyelesaikan masalah.
d.
Creativity
and Innovation (Daya
cipta dan Inovasi)
Pada karakter ini, peserta didik memiliki kemampuan untuk
mengembangkan, melaksanakan, dan menyampaikan gagasan-gagasan baru kepada yang
lain; bersikap terbuka dan responsif terhadap perspektif baru dan berbeda.
Selain
peralihan sistem pembelajaran, pada abad ini pun terjadi pergeseran tujuan
pendidikan dimana pada abad ke 19 yang dikenal sebagai era industri,
penyelenggaraan pendidikan bertujuan untuk mempersiapkan orang dalam dunia
sederhana, statis/linier, dan predictable (dapat diramalkan). Peserta
didik diharapkan dapat melakukan kegiatan-kegiatan dengan perilaku yang rutin.
Dampak dari pola pendidikan ini adalah kemampuan output yang standar sehingga
kecakapan yang dimiliki merupakan kecakapan standar.
Sehingga pada
abad 21 saat ini yang bisa disebut sebagai era pengetahuan, maka tujuan
pendidikannya pun adalah:
1) mempersiapkan
orang dalam dunia pasang surut, dinamis, unpredictable (tidak
bisa diramalkan),
2) perilaku
yang kreatif,
3) membebaskan
kecerdasan individu yang unik, serta
4) menghasilkan
inovator.
Dengan demikian, model sekolah pada abad ini mengharapkan pendidikan
dapat menjadikan individu-individu yang mandiri, sebagai pelajar yang mandiri.
Link video praktik proses pembelajaran kimia abad 21:
https://youtu.be/SIpLZ1QQDAs
Permasalahan:
Dari contoh praktik proses pembelajaran kimia abad 21 yang telah saya buat apakah telah memenuhi kriteria dalam pembelajaran abad 21 ? berikan kritik dan saran untuk perbaikan kedepannya
Menurut saya video pembelajaran yang ditampilkan sudah cukup baik hanya saja pada kreativitasnya perlu dimunculkan lagi karena masih belum terlihat didalam video tersebut
BalasHapus